walet.net

Kondisi Emosi yang Memicu Orang Banyak Makan

Posted on: August 24, 2011

img

Beberapa orang memiliki kebiasaan makan berlebih jika sedang stres atau dikenal dengan kondisi emotional eating. Lalu kondisi emosi apa saja yang bisa memicu seseorang banyak makan?

Banyak orang mengalami kelebihan berat badan akibat makan yang tidak terkontrol dan berlebihan, salah satu faktor yang paling sering jadi penyebabnya adalah akibat stres. Hal ini karena dipercaya bisa membuat suasana hatinya menjadi lebih baik.

Emotional eating terjadi ketika seseorang menggunakan makanan untuk menenangkan emosinya, biasanya terjadi saat mengalami kelelahan di tempat kerja, berseteru dengan pasangan atau stres akibat tekanan keluarga.

Berikut ini adalah beberapa kondisi emosional yang bisa memicu seseorang makan berlebihan, seperti dikutip dari Lifemojo, Rabu (24/8/2011) yaitu:

1. Kebosanan
Kebosanan bisa membuat orang gelisah, salah satu cara untuk mengatasinya adalah melakukan sesuatu dan kebanyakan melalui makan, meskipun sebenarnya ia sudah makan sebelumnya. Hal ini karena saat bosan maka pikiran tidak bisa menyadari apa saja yang sudah dilakukan.

2. Kesepian
Rasa kesepian bisa membuat orang sedih yang cenderung menenggelamkan kesedihannya itu melalui makanan. Terlebih beberapa makanan diketahui memiliki kemampuan untuk membuat orang merasa bahagia sementara.

3. Stres
Stres adalah penyebab paling umum seseorang makan berlebihan. Stres akan mengirim sinyal ke tubuh yang membuatnya menjadi tidak percaya diri, takut serta memiliki suasana hati negatif, dan salah satu sumber kenyamanan utama orang adalah melalui makanan.

4. Kelelahan
Seseorang biasanya akan menggunakan makanan untuk membantunya tetap terjaga, terutama ketika sedang berada di tempat kerja. Selain itu makanan juga berfungsi sebagai penambah energi sementara, tapi tidak menyembuhkan kelelahan jangka panjang.

5. Perasaan ditinggalkan
Ketika merasa ditinggalkan atau dijauhkan oleh orang-orang sekitar, maka makanan adalah sesuatu yang bisa membuat seseorang menikmati sesuatu dan mematikan perasaan negatif yang ada.

6. Butuh kenyamanan dan cinta
Beberapa orang akan beralih ke makanan saat ia membutuhkan cinta dan kenyamanan.

7. Perasaan sedih dan terluka
Beberapa orang beralih ke makanan ketika ia merasa kesal, sedih atau tersakiti. Untuk menutupi perasaan tersebut, orang akan melakukan makan berlebihan.

detik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: