walet.net

tips aman membeli BlackBerry Baru

Posted on: August 13, 2011

1. BUYR. Setiap BlackBerry memiliki history record yang mencatat data transfer (up-download) dan panggilan masuk/keluar. Jika baru, tentu saja seharusnya catatannya masih kosong.

Masuk saja ke Option – Status lalu ketik B U Y R menggunakan keypad. Jika baru, maka nilainya NOL semua. Jika bekas (awalnya milik Saya juga NOL semua, setelah dipakai, tentu saja menjadi ada, dan dapat dikatakan “bekas” dipakai ) ), maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

History record BlackBerryHistory record BlackBerry

2. IT Policy. Jika IT Policy pada BlackBerry aktif (ENABLED), Anda hanya bisa membuka situs/portal yang ditentukan oleh sang pemberi IT Policy. IT Policy ini biasanya akibat dari penggunaan layanan enterprise (BES, BlackBerry Enterprise Service).

Cara mengetahuinya dengan melihat di Option – Security Setting – Firewall. Jika statusnya Enabled dengan gambar gembok merah di sebelah kirinya, maka BlackBerry tersebut positif terkena IT Policy (virus kali pake positif segala D ). Jika tidak terkena IT Policy, maka akan terlihat tulisan Disable seperti screenshot berikut:

IT Policy Disabled=

Kondisi ini biasa disebut “terkena gembok merah“. Saat ini, telah banyak tempat service yang bisa menghilangkan IT Policy. Akan tetapi, jika Anda tidak ingin repot, pastikan saja terlebih dahulu )

3. PIN Suspended. Ini yang paling merepotkan. BlackBerry Anda tidak bisa menikmati layanan push mail, BBM (BlackBerry Messenger) dan semua fitur online yang real time. BlackBerry memiliki PIN tersendiri. Tiap-tiap BlackBerry memiliki no.PIN-nya masing-masing. PIN Suspended adalah kondisi di mana PIN Anda diblokir. Mengapa diblokir? Biasanya akibat sistem pembelian yang menyalahi aturan. Misalnya, BlackBerry dari AT&T. Seharusnya tidak bisa digunakan di Indonesia karena hanya khusus bagi pelanggan AT&T saja. Nah, sering kali Saya melihat logo AT&T masih saja ada pada handset BlackBerry. Harganyapun terbilang murah, karena kemungkinan melalui pasar gelap alias selundupan (entahlah, hanya menebak. Kan aneh barang Eropa yang tidak bisa di Indonesia, malah bisa masuk pasar). Jika ketahuan, koq seri PIN ini bisa ada di Indonesia? Langsung deh PIN kita diblokir. Jika terkena suspended, maka tidak akan pernah dapat terhubung ke jaringan Blackberry lagi; dari operator MAPAPUN.

Daripada Anda terjebak, silakan cek PIN-nya sebelum membeli. Caranya: Silakan pinjam SIM Card teman atau saudara yang memiliki BlackBerry, masukkan SIM Card tersebut ke BlackBerry target. Silakan tunggu sampai menyala sempurna. Jika tidak tersuspend, harusnya tulisan pada layar GSM, gprs/GPRS, edge/EDGE, 3g/3G/3G + logo BlackBerry. Namun, apabila tulisan tersebut tertahan di GSM atau huruf kecil: gprs/edge/3g, maka BlackBerry yang ingin Anda beli itu dapat dipastikan 90% telah terSUSPENDED (10% karena pengaruh jaringan). Berikut tampilan gambar kalau PIN baik-baik saja:

Layanan BlackBerry AktifLayanan BlackBerry Aktif

4. TEST. Masuk ke menu Option – Status lalu ketik TEST. Kamu akan dibawa ke menu tersembunyi untuk menguji perangkat BlackBerry. Berikut menu-menu tersembunyi tersebut:

BlackBerry Test MenuBlackBerry Test Menu

Nah, jika poin-poin di atas lulus uji kompetensi, silakan beli BlackBerry idaman Anda )

ahyari.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

isi voucher

walet.net berbas 3/33

ngenet gaya walet
Bookmark and Share

visit twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

sponsor :

send request to: waletnet@yahoo.com
%d bloggers like this: